Menggali Potensi Diri

Menggali Potensi Diri

Pembahasan kali ini adalah mengenai Menggali potensi diri pada manusia. Semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di dunia ini terlahir dengan memiliki potensi dirinya masing-masing. Apalagi manusia, manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna yang memiliki keunggulan lebih dari pada makhluk yang lain. Manusia terlahir dengan memiliki potensi yang luar biasa, yang ketika itu disadari dan dapat dimaksimalkan dengan semestinya. Maka oleh sebab itu, seharusnya manusia akan mampu mengemban amanah sebagai khalifah Allah di muka bumi. Dan memperoleh imbalan di sisi Allah SWT.

Pengertian potensi itu sendiri adalah sesuatu yang berasal dari diri seseorang dan bersifat unik. Ketika seseorang mampu mengenali potensi dirinya, ia akan mampu menciptakan perubahan besar. Baik bagi dirinya, orang-orang sekitarnya, lingkungannya bahkan bumi (dunia) yang di tinggalinya. Itulah mengapa kita harus bisa untuk menggali potensi diri kia sendiri untuk mencapai apa yang kita inginkan. Potensi diri adalah sesuatu yang orang lain belum tentu memilikinya, karena setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda.

Menggali Potensi Diri

Dengan mengenali potensi diri, maka seseorang akan bisa mengenal dirinya. Mengenal dirinya maka dia akan mengenal siapa penciptanya. Dengan mengenal Allah maka dia akan menjadi lebih kuat. Dia akan mampu mempergunakan potensi yang dimilikinya itu untuk kemaslahatan dirinya dan orang lain. Rasulullah Saw sangat menganjurkan untuk seseorang dapat mengenali potensi dirinya. Beliau bersabda :

“Seorang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah. Dan pada diri masing-masing dari keduanya terdapat kebaikan. Bersungguh-sungguhlah dalam meraih apa yang bermanfaat bagimu, mohonlah pertolongan kepada Allah, dan jangan merasa lemah. Jika sesuatu menimpamu maka janganlah kamu mengatakan, “Seandainya aku melakukan begini niscaya akan begini dan begini”., akan tetapi katakanlah, “Allah telah mentaqdirkan hal itu, dan apa yang dikehendaki-Nya pasti akan terjadi”, karena sesungguhnya perkataan “seandainya” akan membuka perbuatan setan”. (Diriwayatkan oleh Muslim, dari Abu Hurairah Ra)

Dari hadits di atas sudah jelas bahwa Rasulullah sangat menginginkan umatnya untuk bisa menemukan potensi dalam dirinya. Dalam Hadits yang lain Belau bersabda :

“Sesungguhnya manusia itu tidak lain seperti kawanan seratus ekor unta. Hampir-hampir engkau tidak bisa menemukan di dalamnya seekor unta yang mampu menempuh perjalanan jauh”.

Untuk itu, sungguh bahagialah orang yang mampu membaca potensi dirinya. Sebaliknya, celakalah yang tidak mampu membaca potensi dirinya sendiri, yang orang lainpun tidak mungkin mengetahuinya. Marilah kita mencari potensi diri kita sendiri untuk dikembangkan. Orang yang sukses adalah orang yang selalu menjaga keahlian dan potensi mereka. Misalkan jika sobat kuliah di bidang IT , di bidang kesehatan, atau bidang apapun itu, maka dalamilah ilmu itu. Jadikanlah ilmu itu bermanfaat bagi dirimu sendiri, bagi orang lain. Kita tidak akan bisa sukses dan berguna jika tidak mengembangkan potensi diri yang kita miliki.
Demikian postingan kali ini tentang

Menggali Potensi Diri

Semoga dapat kita jadikan pelajaran untuk menemukan potensi diri, untuk dikembangkan menjadi sesuatu yang berguna. Baik diri sendiri maupun orang lain. Aamiin

Alfin Amrullah

Hi, Wellcome to my Website. My Name is Alfin Amrullah. I’m an activist of Indonesian literation movement, a writer, and a public speaker. I love to share my expertise and experiences I had, because I believe that Sharing is Beauty. I hope you find this website suitable for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *